Sabtu, 19 Desember 2020

PENERAPAN PENDEKATAN BLANDED LEARNING ( AKSI NYATA 1.3 )

 

Latar Belakang

Teknologi Kini Semakin Berkembang, Banyaknya sumber belajar online terutama yang berbasis web sangat mendukung guru untuk terus mengembangkan metode mengajar yang menyenangkan.

Ditengah kondisi pandemik Covid 19 memaksa kita beberapa bulan terakhir untuk melakukan proses belajar mengajar dari rumah ( BDR ). Terdapat banyak rintangan saat melakukan pembelajaran jarak jauh, terlebih bagi kami yang berada di daerah di daerah yang akses internet nya terbatas. Murid kami juga terdiri dari beberapa kalangan dan ada beberapa yang tinggal didaerah pegunungan sehingga tempat mereka minim akses internet.

Belajar dari rumah juga memiliki banyak resiko lainnya misalnya ada beberapa murid yang putus sekolah karena memilih bekerja, orang tua murid yang kurang memahami dan kurang mendukung proses belajar dari rumah, serta murid kurang paham karena tidak berinteraksi langsung dengan guru. Sehingga perlu tindakan cepat dan tepat yang dilakukan oleh guru untuk mengantisipasi hal tersebut. Penerapan pendekatan blanded Learning adalah solusi paling tepat untuk dilakukan dengan memperhatikan kondisi sekolah dan kondisi para murid serta tetap mematuhi protokoler kesehatan.

 

Deskripsi Aksi Nyata

Langkah awal yang dilakukan untuk menerapkan pendekatan blanded learning adalah berkoordinasi dengan kepala sekolah, setelah mendapatkan persetujuan dari pemangku kepentingan lalu mengajak bebrapa teman sejawat untuk berkalaborasi menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran. Langkah selanjutnya adalah memberikan pemahaman kepada murid tentang pendekatan pembelajaran blanded learning. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka hanya dilakukan sekali semingu. Murid dibagi dua shift  dan bergantian hadir setiap minggunya.

Aksi nyata ini bertujuan

1.      Menghindari resiko murid putus sekolah jika dilakukan pembelajaran jarak jauh secara terus menerus

2.      Meningkatkan pemahaman murid tentang berbagai sumber belajar berbasis web dengan menggunakan pendekatan blanded learning.

 

 

Tolok Ukur

1.      Murid  mampu menggunakan berbagai sumber belajar berbasis web.

2.      Murid kembali bersemangat untuk mengikuti pembelajaran disekolah

3.      Murid mampu mencari berbagai sumber belajar dan tidak hanya berfokus pada pembelajaran melalui guru.

Hasil Dari aksi nyata yang dilakukan

 

Dari aksi nyata ini beberapa murid yang tadinya mengalami kendala saat melakukan pembelajaran Daring menjadi aktif kembali dalam pembelajaran, beberapa murid yang tadinya tidak mampu menggunakan beberapa sumber belajar berbasis web akhirnya mahir menggunakan beberapa aplikasi tersebut. Dan yang terpenting adalah terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna karena murid memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan guru serta bisa mengakses pembelajaran dengan beberapa sumber belajar berbasis web

Pembelajaran yang di dapat dari pelaksanaan ( Kegagalan Maupun Keberhasilan )

Kegagalan

1.      Adanya Pandemik Covid 19 Menghalangi ruang gerak sehingga perpaduan pembelajaran masih didominasi pembelajaran Online

2.      Tidak Semua Murid mampu menggunakan sumber belajar online berbasis web.

3.      Kemampuan murid maupun guru tentang penggunaan aplikasi berbasis web masih terbatas

Keberhasilan

1.      Sebagian besar murid kembali aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran

2.      80 % murid mampu menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis online.

3.      Beberapa rekan guru ikut termotivasi untuk melakukan pendekatan blanded learning

Rencana Perbaikan dimasa yang akan datang

Akan terus menggali kemampuan diri untuk menggunakan beberapa sumber belajar berbasis web karena kemampuan penggunaannya masih terbatas baik bagi guru maupun murid.


Dokumentasi Pelaksanaan aksi nyata

Berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang rencana yang akan dilakukan



 

Mengajak teman sejawat ikut berkalaborasi


Bersama seluruh personil sekolah mennyampaikan kepada murid tentang manfaat pendekatan blanded learning


Dokumentasi Pembelajaran dengan menggunakan google clasroom


Pembelajaran Tatap Muka Mengikuti protokoler kesehatan






                                                                            Tanabatue, 20 Desember 2020

                                                                            Penulis


                                                                            Selfi Suhesti, S.Pd

                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMPONEN – KOMPONEN PENDIDIKAN DAN CARA PENANGANANNYA

  Berbicara masalah komponen – komponen Pendidikan dan cara penanganannya terlebih dahulu kita bahas apasih yang dimaksud komponen?.   Kompo...