Latar
Belakang
Teknologi Kini Semakin
Berkembang, Banyaknya sumber belajar online terutama yang berbasis web sangat
mendukung guru untuk terus mengembangkan metode mengajar yang menyenangkan.
Ditengah kondisi pandemik Covid
19 memaksa kita beberapa bulan terakhir untuk melakukan proses belajar mengajar
dari rumah ( BDR ). Terdapat banyak rintangan saat melakukan pembelajaran jarak
jauh, terlebih bagi kami yang berada di daerah di daerah yang akses internet
nya terbatas. Murid kami juga terdiri dari beberapa kalangan dan ada beberapa
yang tinggal didaerah pegunungan sehingga tempat mereka minim akses internet.
Belajar dari rumah juga
memiliki banyak resiko lainnya misalnya ada beberapa murid yang putus sekolah
karena memilih bekerja, orang tua murid yang kurang memahami dan kurang
mendukung proses belajar dari rumah, serta murid kurang paham karena tidak berinteraksi
langsung dengan guru. Sehingga perlu tindakan cepat dan tepat yang dilakukan
oleh guru untuk mengantisipasi hal tersebut. Penerapan pendekatan blanded
Learning adalah solusi paling tepat untuk dilakukan dengan memperhatikan
kondisi sekolah dan kondisi para murid serta tetap mematuhi protokoler
kesehatan.
Deskripsi Aksi Nyata
Langkah awal yang dilakukan untuk
menerapkan pendekatan blanded learning adalah berkoordinasi dengan kepala
sekolah, setelah mendapatkan persetujuan dari pemangku kepentingan lalu mengajak
bebrapa teman sejawat untuk berkalaborasi menggunakan pendekatan ini dalam
pembelajaran. Langkah selanjutnya adalah memberikan pemahaman kepada murid
tentang pendekatan pembelajaran blanded learning. Pelaksanaan pembelajaran
tatap muka hanya dilakukan sekali semingu. Murid dibagi dua shift dan bergantian hadir setiap minggunya.
Aksi nyata ini bertujuan
1.
Menghindari resiko murid putus sekolah jika dilakukan
pembelajaran jarak jauh secara terus menerus
2.
Meningkatkan pemahaman murid tentang berbagai sumber
belajar berbasis web dengan menggunakan pendekatan blanded learning.
Tolok Ukur
1. Murid mampu menggunakan berbagai
sumber belajar berbasis web.
2. Murid kembali bersemangat untuk mengikuti pembelajaran disekolah
3. Murid mampu mencari berbagai sumber belajar dan tidak hanya berfokus pada
pembelajaran melalui guru.
Hasil Dari aksi nyata yang dilakukan
Dari aksi nyata ini beberapa
murid yang tadinya mengalami kendala saat melakukan pembelajaran Daring menjadi
aktif kembali dalam pembelajaran, beberapa murid yang tadinya tidak mampu
menggunakan beberapa sumber belajar berbasis web akhirnya mahir menggunakan
beberapa aplikasi tersebut. Dan yang terpenting adalah terciptanya pembelajaran
yang menyenangkan dan bermakna karena murid memiliki kesempatan untuk
berinteraksi langsung dengan guru serta bisa mengakses pembelajaran dengan
beberapa sumber belajar berbasis web
Pembelajaran yang di dapat dari pelaksanaan ( Kegagalan Maupun Keberhasilan
)
Kegagalan
1.
Adanya Pandemik Covid 19 Menghalangi ruang gerak sehingga
perpaduan pembelajaran masih didominasi pembelajaran Online
2.
Tidak Semua Murid mampu menggunakan sumber belajar online
berbasis web.
3.
Kemampuan murid maupun guru tentang penggunaan aplikasi
berbasis web masih terbatas
Keberhasilan
1.
Sebagian besar murid kembali aktif dan bersemangat dalam
proses pembelajaran
2.
80 % murid mampu menggunakan aplikasi pembelajaran
berbasis online.
3.
Beberapa rekan guru ikut termotivasi untuk melakukan
pendekatan blanded learning
Rencana Perbaikan dimasa yang akan datang
Akan terus menggali kemampuan diri untuk menggunakan
beberapa sumber belajar berbasis web karena kemampuan penggunaannya masih
terbatas baik bagi guru maupun murid.
Dokumentasi Pelaksanaan aksi nyata
Berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang rencana yang
akan dilakukan
Mengajak
teman sejawat ikut berkalaborasi
Bersama
seluruh personil sekolah mennyampaikan kepada murid tentang manfaat pendekatan
blanded learning
Dokumentasi
Pembelajaran dengan menggunakan google clasroom
Pembelajaran
Tatap Muka Mengikuti protokoler kesehatan
Tanabatue, 20 Desember 2020
Penulis
Selfi Suhesti, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar