AKSI NYATA
MODUL 1. 2
Judul Modul :
Membuat Kesepakatan Kelas Sebelum Memulai Proses Belajar Mengajar
Nama Peserta :
Selfi Suhesti, S.Pd
Link Artikel :
Latar
Belakang
Untuk menciptakan proses
belajar mengajar yang kondusif dibutuhkan dukungan dari seluruh pihak yang
terlibat, mulai dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua siswa dan
siswa itu sendiri. Yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar adalah
guru dan murid sehingga keduanya perlu menjalin hubungan yang baik agar
bermuara pada pembelajaran yang menyenangkan. Perlu ada kesepakatan antara guru
dan murid yang nantinya kesepakatan inilah yang menjadi acuan dalam penerapan
disiplin saat proses belajar mengajar berlangsung.
Kesulitan mengarahkan murid
pada saat belajar dari rumah dimasa
pandemik covid 19 ini menantang guru untuk terus reflektif mencari cara untuk
menarik minat murid untuk mau belajar dan konsisten mengikuti pembelajaran. Salah
satu cara yang yang paling tepat untuk menciptakan kedisiplinan yang bersumber
dari kesadaran murid adalah dengan adanya kesepakatan
kelas.
Kesepakatan
Kelas mengedepankan
peran aktif siswa sebagai subjek pendidikan, sehingga setiap pendapat siswa
perlu dihargai. Lewat kesepakatan kelas, anak-anak sekaligus belajar tentang
nilai-nilai demokrasi, serta pentingnya bertanggung jawab terhadap kesepakatan
yang mereka buat sendiri.
Deskripsi Aksi Nyata
Aksi nyata ini bertujuan
1.
Untuk memunculkan motivasi intrinsik dari dalam diri murid
sehingga tercipta disiplin positif murid.
2.
Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan melalu
pembuatan kesepakatan kelas sehingga murid merasa berarti dan didengarkan
aspirasinya.
Tolok Ukur
1. Peserta didik mampu membuat kesepakatan kelas berupa aturan yang harus
ditaati peserta didik dan hukuman yang diterima apabila peserta didik melanggar
kesepakatan.
2. Peserta didik menjalankan dengan konsisten hal-hal yang telah disepakati
dan merefleksikan nya dalam kegiatan pembelajaran di kelas
Hasil Dari aksi nyata yang dilakukan
Dari aksi nyata yang dilakukan
terdapat produk berupa kesepakatan kelas yang telah disepakati oleh seluruh
warga kelas. Kesepakatan yang telah dibuat bersama menjadi acuan untuk
menerapkan disiplin di kelas. Murid lebih antusias mengikuti aturan yang mereka
buat sendiri. Kesepakatan kelas ini menjadi alarm pengingat bagimurid untuk
terus berada pada jalur kedisiplinan yang positif.
Pembelajaran yang di dapat dari pelaksanaan ( Kegagalan Maupun Keberhasilan
)
Kegagalan
1.
Tidak semua murid bisa mengikuti kesepakatan kelas dengan
baik, ada beberapa diantaranya masih belum bisa konsisten menjalankan apa yang
sudah disepakati.
2.
Guru belum bisa secara maksimal menerapkan hukuman yang
harusnya diterima oleh murid yang melanggar kesepakatan.
Keberhasilan
1.
Murid Senantiasa berusaha untuk mengikuti kesepatan kelas
yang sudah dibuat
2.
Minat belajar semakin meningkat dan murid lebih antusias
mengikuti pembelajaran.
3.
Sebagian besar murid dikelas mulai menerapkan disiplin
positif sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan baik.
Rencana Perbaikan dimasa yang akan datang
1.
Merefleksikan bersama apa yang membuat kegagalan
penerapan kesepakatan kelas bagi beberapa murid, lalu mencari solusi untuk
mengatasi masalah – masalah yang ada.
2.
Menjalin kerja sama dengan orang tua murid untuk
meningkatkan disiplin positif sehingga kesepakatan kelas yang telah disepakati
bersama bisa terlaksana secara konsisten dan menyeluruh.
Dokumentasi Pelaksanaan aksi nyata
Guru Memberihkan Pengarahan melalui whatsapp group agar murid membuat
kesepakatan kelas
Tanabatue, 19 Desember 2020
Penulis
Selfi Suhesti, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar